HATTRICK

Catatan atas kemenangan tim promo on air  SCTV di Citra Pariwara 2011

Enam belas tahun lalu saat pertama kali bergabung dengan tim promo on air SCTV, saya cuma berharap bertemu dengan seorang atasan yang punya pengertian dan etika leadership. Meski punya pengalaman di dunia advertising, tapi memasuki geliat kehidupan broadcasting saya tak berani sesumbar. Perlahan saya cermati dengan seksama, menerima berbagai penugasan yang sungguh teramat berat. Kadang membosankan. Bayangkan, setiap hari harus membikin berlembar-lembar script yang akan dibacakan announcer yang cantik-cantik oleh polesan make up artist profesional. Sering saya tersesat di rimba kata dan tenggelam dalam samudera makna. Oh, siapa sangka kalau semua itu ternyata kelak membuat saya lihai dan mahir bermain kata-kata. Sungguh ini tak bermaksud memuliakan raga menyombongkan diri. Setidaknya, saya punya kunci rahasia mengeksploitasi keindahan sebuah kata, merangkai menjadi kalimat tendensius.

Ketika itu juga saya belajar mencari potongan gambar gerak yang indah. Disusun agar bercerita dalam durasi 30 detik. Sepertinya mustahil. Nggak mungkin. Sampai larut malam saya memelototi mesin editing. Tak jarang saya mabuk dalam halusinasi gambar yang terbawa dalam alam bawah sadar. Tetapi saya mulai paham pada angle yang bagus, acting yang ekspresif dan komposisi video yang indah. Ough, ilmu saya bertambah! Maka saya mulai merasakan sebuah passion yang larut dalam aliran darah. Ketika itulah saya mulai menyadari bahwa pekerjaan ini sungguh mudah. Dan mengasyikkan. Bahkan untuk bikin script ataupun mencari gambar, sekarang bisa dengan “tangan kiri”. Sungguh saya tak berniat memuliakan diri membusungkan dada. Saya hanya ingin mengatakan bahwa proses yang panjang itu telah menjadi pembelajaran diri untuk menguasai suatu pekerjaan. Beruntung bahwa proses itu berjalan dengan baik karena atasan saya yang baik, sesuai harapan saya di awal bekerja. Atasan saya menjadi pembimbing dan guru, menjadi teman, menjadi sahabat dan bahkan menjadi seorang kakak. Kesalahan yang sesekali pernah saya lakukan tidak serta merta menjadi alasan untuk membentak saya di depan khalayak. Kesalahan tetap kesalahan, kalaulah sampai dicaci maki tentu tak akan membangun mental positif melainkan justru membunuh karakter yang mungkin akan berkembang. Bukankah ada mekanisme appraisal untuk membayar itu semua. Sebaliknya, prestasi juga adalah prestasi yang harus diapresiasi. Bukan lantaran sudah seperti teman sendiri lantas prestasi itu dinafikan. Sampai-sampai harus ada yang berujar, “Nggak ngaruh …!”. Tak ada kekhawatiran itu dalam hati saya.

Bersyukur bahwa kondisi ideal ( dalam pemahaman saya itu ) benar-benar tersalurkan dengan baik di tempat kami. Yang salah ada punishment, yang berprestasi dapat reward. Maka tak heran, iklim yang sehat terbangun lantaran kawan-kawan satu tim termotivasi oleh kondisi ideal tadi. Ketika sebuah konsep disusun, tak cuma standar baku yang difikirkan, seperti apakah komunikatif dan informatif konsep itu, tetapi lebih dari itu punya nggak jangkauan ke depan untuk mendapatkan penghargaan kalau diikutkan dalam suatu kompetisi. Berkarya sebagai proses aktualisasi diri dengan mengekspose semua potensi ke permukaan. Menimbang karya lebih seksama karena yang berkualitas pada saatnya akan menjadi teratas. Berpijak pada kerangka do the right thing dan do the thing right sehingga strategi dan eksekusi bisa dicapai secara maksimal. Semua itu sudah mendarah daging pada kami. Maka ijinkanlah saya saat ini, untuk mengabarkan berita gembira bahwa di malam anugerah Citra Pariwara 2011, SCTV kembali meraih Best TV Station untuk ketiga kalinya atas segala daya dan upaya yang dilakukan oleh teman-teman promo on air. Sebuah hattrick yang sungguh-sungguh membutuhkan banyak energi dan pengalaman untuk bisa melakukannya. Membutuhkan etos yang menggila sambil benar-benar menguasai lapangan kerja dengan menerapkan semua prinsip kerja yang saya paparkan barusan.

Keringat, semangat dan rasa penat kami akan terus menyatu dalam geliat tekad yang membara dalam menciptakan karya lagi, karya yang lebih baik.  Because I promise to be good, to be better. Never stop at a great.

Barakallahu fikum.

2 Comments

  1. Jennyfer ( Jenward )

    Nice job, really pleasure for me to join with SCTV although only as the apprentice student, i hope can help the on air promo.. LoL

  2. Thx Jennyfer, with you we will getting better.

Leave a Reply

