RUTINITAS

Pagi tadi keponakanku yang cantik dari Surabaya curhat. Katanya bosan dengan rutinitas. Oh-oh, what ‘s about you, Sista? Bukankah rutinitas adalah sesuatu yang menyenangkan. Lihatlah kawan-kawanmu yang yang tak memiliki kesibukan, mereka justru bingung dan bête untuk merangkai rutinitas yang dia inginkan. Waktunya seolah terbuang percuma, karena detik per detik dia tidak bisa merencanakan aktivitas yang akan dilakukan. Aktivitasnya sangat tergantung pada keadaan yang tak menentu. Semuanya serba dadakan, semuanya menuntut kesiapan mental yang harus menerima perubahan setiap saat. Alangkah repotnya!

So, think out of the box. Rutinitas sesungguhnya adalah anugerah indah yang Tuhan berikan pada kita. Rutinitas dipandang membosankan lantaran tak diberi sentuhan “value” padanya. Bukankah rutinitas yang dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan orang lain? Maka lakukanlah rutinitas itu dan berikan manfaatnya agar orang lain terbantu oleh campur tangan Anda. Kita tak pernah memposisikan diri ini sebagai bagian dari suatu sistem yang saling membutuhkan. Kita hanya memandang dari faktor eksternal dimana kita bekerja, sehingga berpotensi memunculkan keberterimaan adanya tekanan dan paksaan yang berujung jadi nggak happy.

Mengelola dinamika batin juga menjadi kunci untuk melepaskan diri dari mimpi buruk rutinitas. Secara sadar yang sepenuhnya diyakini oleh batinnya, seseorang harus punya target yang selalu ditingkatkan ke jenjang kompetensi lebih tinggi. Target semacam Ini tidak dimiliki oleh mereka yang terkungkung dalam paradigma lama saat memaknai rutinitas. Rutinitas menggiringnya asal pekerjaan selesai yang akhirnya ya asal-asalan. Dengan target itu maka rutinitas adalah sebuah sarana untuk mengembangkan potensi diri sehingga yang awalnya menyebabkan bête, stress tentu di kemudian hari menjadi peluang.

Barakallahu fikum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: